I B L I S

Iblis sebelumnya adalah anak jin yang diselamatkan oleh malaikat dan di bawa ke Ares (Kursi)-nya Allah sebelum Adam & Hawa di ciptakan oleh Allah, Iblis Nama Aslinya adalah Haris ((حارث atau Azazil (عزازيل) dan mengapa dia dipanggil Iblis dikarenakan dia putus asa dari segala kebaikan. Sebelum Adam & hawa di ciptakan Iblis adalah makhluk yang sangat rajin beribadah, bahkan kepahamannya pun sampai di katakan sejajar dengan para malaikat.



Kemudian sampai akhirnya Allah mengatakan pada malaikatnya, bahwa Allah akan menjadikan pengganti di bumi / penduduk di bumi “ADAM & HAWA” (setelah Allah mengirim para malaikatnya untuk membersihkan Bumi dari penduduk sebelumnya yang selalu berbuat kerusakan dan akhirnya salah satu malaikat menemukan anak kecil yaitu Iblis).
Dan para malaikat pun menjawab, Ya Allah apakah engkau akan membuat manusia dibumi, padahal manusia itu selalu berbuat kerusakan didalam bumi dan senang menumpahkan darah, dan kenapa tidak kami saja ya Allah yang selalu mensucikan padamu yang dijadikan penghuni bumi.
Dan Allah menjawab, bahwa aku lebih mengerti dari semua yang tidak kalian ketahui.
Allah berfirman:
واذ قال ربك للملئكة اني جا عل فى الارض خليفة – قالوااتجعل فيها ويسفك الد ماء – ونحن نسبح بحمدك ونقد س لك – قال اني اعلم مالاتعلمون # البقرة 30
Kufur nya Iblis terhadap Allah SWT
Kemudian semuanya dimulai dari sini. Setelah Allah menciptakan Adam, Allah mengajari padanya dengan berbagai ilmu. Dan sampai akhirnya Allah mengumpulkan pada semuanya termasuk malaikat dan Iblis. Disini Allah memerintahkan Para Malaikat dan Iblis agar bersujud pada Nabi Adam, tetapi hanya Iblis saja yang tidak mau bersujud dengan cara menentang dan sombong. Disini Iblis menentang bersujud pada Adam karena dia merasa di ciptakan dari hal yang lebih baik dan pol dari pada Adam (yaitu Iblis diciptakan dari Api, dan Adam diciptakan dari segumpal Tanah).
Lalu Allah bertanya pada Iblis, hai Iblis kenapa kau tidak mau bersujud kepada Adam dan mematuhi perintahku? Dan Iblis menjawab, Ya Allah aku ini lebih baik diciptakannya dari pada Adam, yang mana aku diciptakan dari Api sedangkan adam diciptakan dari Tanah.
قال ما منعك الا تسجد اذ امرتك – قال انا خيرمنه – خلقتني من نار وخلقته من طين # الاعراف 12
Dan akhirnya Allah berkata, wahai iblis keluarlah kau dari surga karena sesungguhnya surga ini bukanlah tempat untuk orang yang sombong, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kau itu adalah termasuk makhluk yang rugi dan hina.
قال فاهبط منها فما يكون لك ان تتكبر فيها فاخرج انك من الصغرين # الاعراف 13
Dan dengan itu lalu iblis mengucap bahwa aku tidak akan membiarkan Adam dan anak turunnya begitu saja, maka aku akan terus menggoda dan menghasut mereka agar bisa menjadi penghuni neraka sama seperti apa yang telah dijanjikan oleh Allah kepada dirinya (Iblis). Aku akan terus menggoda mereka dari arah manapun baik depan, belakang, kanan, kiri, atas maupun bawah sampai pada harinya yang ditentukan yaitu harinya dibangkitkan (Hari kiamat).
Lalu Allah pun mengusir pada iblis, dan ketahuilah bahwa siapapun yang mengikutimu maka mereka semuanya akan aku masukan kedalam neraka jaham.
Semenjak iblis berhasil menggoda adam dan hawa sebagai cikal bakal manusia dan semenjak adam dan hawa diterima taubatnya oleh Allah, permusuhan iblis dan semua tentaranya terhadap manusia semakin menjadi-jadi. Apalagi setelah dia menyadari dirinya telah dilaknat, malu dengan penuh kesungguhan bersumpah untuk menjadikan anak turun adam mendapat bagian yang sama,
Menurut riwayat dalam tafsir ibnu jarir, ibnu katsir dan Bidayah li ibnu katsir :
Iblis sebelum menentang Allah Azza-wajalla bernama Azaaziil, dia adalah malaikat dari kabilah jin yang paling banyak ilmunya dan paling kuat ijtihadnya, menjadi penjaga beberapa surga. Mempunyai kekuasaan dilangit dunia dan bumi, oleh karena itu dia merasa lebih hebat dan lebih mulia dari yang lain. Sehingga timbulllah kesombongannya kemudian dibuktikan ketika disuruh sujud kepada adam, dia sengaja menentangnya.
Dalam riwayat lain diterangkan bahwa iblis itu bukanlah malaikat, walaupun hanya sekejap mata tetapi dia itu adalah jin.
Diceritakan juga bahwa iblis adalah jin yang disembunyikan oleh malaikat di langit. Setelah iblis menentang perintah tuhan maka dia turun dari surga diharamkan bertempat disurga. Turun kebumi dalam keadaan hina, dicacat dan dicela, diusir dan diancam pasti masuk neraka, dia dan pengikutnya dari bangsa jin dan manusia.
Maka dari itu iblis berusaha dengan sekuat tenaga untuk menyesatkan manusia agar sama-sama masuk neraka. Dan dalam upayanya itu iblis kawin dengan jin perempuan kemudian menghasilkan keturunan syetan-syetan yaitu :
1. Zalnabur (زلنبور)
2. Tsabar (ثبر)
3. A’war (اعور)
4. Maswath (مسوط)
5. Dasim (داسم)
عن مجاهد (افتتخذونه وذ ريته اولياء من دونى) قال ذريته : هم الشياطين وكان يعدهم (1) زلنبور صاحب الا سواق ويضع رايته فى كل سوق ما بين السماء والارض (2) وثبر صاحب المصا ئب (3) والاعور صاحب الزنا (4) ومسوط صاحب الاخبار يأتى بها فيلقيها فى افواه الناس ولايجدون لها اصلا (5) وداسم الذى اذا دخل الرجل بيته ولم يسلم ولم يذكر الله بصره من المتاع مالم يرفع واذا اكل ولم يذ كر اسم الله اكل معه # رواه ابن جر ير فى تفسيره ج 9 ص 346







Tidak ada komentar:

Posting Komentar